Kegiatan Santri Piket Bersih Lingkungan Pondok

Bersih bersih kamar pondok sabilurrasyad

Annadhofatu minal iiman Artinya: Kebersihan itu sebagian dari iman (HR . Bukhori Muslim)  Semoga tidak hanya menjadi ungkapan idaman muslim atau muslimah yang hanya terlintas di lisan saja. Setiap hari Guru Piket selalu mengkoar – koarkan kepada santri piket “yang piket kamar ayo bersihkan, dalam hitungan ke-lima semua harus bersih!” itulah kata – kata yang selalu terdengar oleh santriwan – santriwati Sabilurrasyad agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar Pondok pesantren modern Islam Sabilurrasyad.

Membiasakan membuang bungkus permen dan snack ke tempat sampah memang awalnya sangat sulit dilakukan apalagi merapikan seperti bantal, kasur, alat makan, dan merapikan pakaian agar selalu bersih dan rapi awalnya adalah hal yang sangat sulit karena mereka belum terbiasa.

Di Sabilurrasyad semua hal masih baru Gedung baru, Guru Baru, Ustadz baru dan santripun juga masih baru, Orang Jawa biasa menyebutnya “Mbabat Alas”, Bulan bulan pertama sangat sulit membiasakan para santriwan – santriwati menjadi disiplin dan membiasakan hidup bersih karena mereka masih berfikiran jumud, Oleh karena itu Guru – guru piket selalu mengawasi agar mereka bisa membentuk karakter yang disiplin dan hidup bersih.

Kamar santri bersihAkhirnya dalam bulan ke 6 mereka tinggal di Ponpes Modern Islam boarding School mereka sudah terbiasa dengan disiplin dan hidup bersih semua berawal dari keterpaksaan menjadi keterbiasaan karena santriwan – santriwati Sabilurrasyad harus mempunyai wawasan global, berjiwa islami, hidup bersih, dan cinta akan lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *